Macam-Macam Sholat Sunnah & Lafalnya (Niat)
2:15 AM | Author: Azriel Rizqi Purnama

 Sholat adalah salah satu kewajiban bagi kaum muslim yang sudah mukallaf dan harus dikerjakan baik bagi mukimin maupun dalam perjalanan.
Shalat merupakan rukun Islam kedua setelah syahadat. Islam didirikan atas lima sendi (tiang) salah satunya adalah shalat, sehingga barang siapa mendirikan sholat ,maka ia mendirikan agama Iswlam, dan barang siapa meninggalkan shalat,maka ia meruntuhkan agama Islam.
Sholat harus didirikan dalam satu hari satu malam sebanyak lima kali, dan jumlahnya adalah 17 rakaat. Sholat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan tanpa kecuali bagi muslim mukallaf baik yang sedang sehat maupun yang sedang sakit.

Selain shalat wajib, jg ada shalat sunnah. Macamnya ada 15 shalat, yaitu :

1. Shalat Wudhu,

shalat sunnah 2rakaat yg bs dikrjkan tiap selesai wudhu,
niatnya :
Ushalli sunnatal wudlu-i rak'ataini lillahi Ta'aalaa
artinya :
"aku niat shalat sunnah wudhu 2 rakaat karena Allah"


2. Shalat Tahiyatul Masjid,

shalat sunnah 2rakaat yg dikrjkan ketika masuk masjid, sblm duduk utk menghormati masjid.
Rasulullah bersabda: "Apabila seseorg diantara kamu msk masjid, maka jgnlah hendak duduk sblm shalat 2rakaat lbh dahulu" (H.R.Bukhari&Muslim).

Niatnya :

Ushalli sunnatal Tahiyatul Masjidi rak'ataini lillahi Ta'aalaa
Artinya :
"aku niat shalat sunnah tahiyatul masjid 2rakaat krn Allah"

3. Shalat Dhuha,

shalat sunnah yg dikrjkan ketika matahari br naik. Jumlah rakaatnya minimal 2 maksimal 12.
Dr Anas berkata Rasulullah: "Barang siapa shalat Dhuha 12rakaat, Allah akan membuatkan utknya istana disurga" (H.R.Tarmiji&Abu Majah).

Niatnya :
Ushalli sunnatal Dhuha rak'ataini lillahi Ta'aalaa
Artinya :
"aku niat shalat sunnah dhuha 2rakaat krn Allah"

4. Shalat Rawatib,

shalat sunnah yg dikrjkan mengiringi shalat fardhu.
Niatnya :
A). Qabliyah: adalah shalat sunnah rawatib yg dikrjkan sblm shalat wajib. Wktnya: 2rakaat sblm shalat subuh, 2rakaat sblm shalat Dzuhur, 2 atau 4rakaat sblm shalat Ashar, & 2rakaat sblm shalat Isya.
Niatnya :
Ushalli sunnatadh Dzuhri * rak'ataini Qibliyyatan lillahi
Ta'aalaa
Artinya :
"aku niat shalat sunnah sebelum dzuhur 2 rakaat krn Allah"
* bs diganti dg shalat wajib yg akan dkrjkan.
B). Ba'diyyah: adalah shalat sunnah rawatib yg dikrjkan stlh shalat fardhu. Wktnya: 2 atau 4rakaat sesdh shalat Dzuhur, 2rakaat sesdh shalat Magrib & 2rakaat sesdh shalat Isya.
Niatnya :
Ushalli sunnatadh Dzuhri * rak'ataini Ba'diyyatan lillahi Ta'aalaa
Artinya :
"aku niat shalat sunnah sesudah dzuhur 2rakaat krn Allah"
*bs diganti dgn shalat wajib yg akan dikerjakan.

5. Shalat Tahajud,

shalat sunnah pd wkt malam. Sebaiknya lwt tengah mlm&stlh tidur. Minimal 2rakaat maksimal sebatas kemampuan kita. Keutamaan shalat ini, diterangkan dalam Al-Qur'an :
"Dan pd sebagian mlm hr bershalat tahajudlah kamu sbg suatu ibadah tambahan bagimu. Mdh-mdhan Tuhanmu mengangkatmu ketmpt yg terpuji"
(Q.S.Al Isra:79).
Niatnya :
Ushalli sunnatal tahajjudi rak'ataini lillahi Ta'aalaa
Artinya :
"aku niat shalat sunnah tahajjud 2rakaat krn Allah"

6. Shalat Istikharah,

shalat sunnah 2rakaat utk meminta petunjuk yg baik, bila kita menghadapi 2 pilihan/ragu dlm mengambil keputusan. Sebaiknya dikrjkan pd 2/3 mlm terakhir.

Niatnya :
Ushalli sunnatal Istikharah rak'ataini lillahi Ta'aalaa
Artinya :
"aku niat shalat sunnah Istikharah 2rakaat krn Allah"

7. Shalat Hajat,

shalat sunnah 2rakaat untuk memohon agar hajat kita dikabulkan/diperkenankan oleh Allah SWT. Minimal 2rakaat maksimal 12rakaat dgn salam setiap 2rakaat.
Niatnya :
Ushalli sunnatal Haajati rak'ataini lillahi Ta'aalaa
Artinya :
"aku niat shalat sunnah hajat 2 rakaat karena Allah"

8. Shalat Mutlaq,

shalat sunnah tnp sebab&tidak ditentukan
wktnya, jg tdk dibatasi jumlah rakaatnya. Shalat itu suatu perkara yg baik, banyak/sedikit (AlHadis).

Niatnya :
Ushalli sunnatal rak'ataini lillahi Ta'aalaa
Artinya :
"aku niat shalat sunnah 2rakaat karena Allah"

9. Shalat Taubat,

shalat sunnah yg dilakukan stlh merasa berbuat dosa kpd Allah SWT, agar mndpt ampunanNya.

Niatnya :
Ushalli sunnatal Taubati rak'ataini lillahi Ta'aalaa
Artinya :
"aku niat shalat sunnah taubat 2rakaat karena Allah"

10. Shalat Tasbih,

shalat sunnah yg dianjurkan dikrjkan tiap mlm, jk tdk bs 1minggu sekali/paling tdk seumur hidup sekali. Shalat ini sebyk 4rakaat, dg ketentuan jk dikrjkan pd siang hari ckp dg 1 salam, Jk dikrjkan pd mlm hr dgn 2 salam.
Cara mengerjakannya
A). Niat : Ushalli sunnatan tasbihi raka'ataini lilllahi ta'aalaa. artinya :"aku niat shalat sunnah tasbih 2rakaat karena Allah"
B). Usai baca surat Al Fatehah, bc tasbih 15x.
C). Ruku', usai baca do'a ruku, baca tasbih 10x.
D). Itidal, usai membaca do'a 'itidal, baca tasbih 10x.
E). Sujud, usai baca doa sujud, baca tasbih 10x.
F). Usai baca do'a duduk diantara2sujud, baca tasbi 10x.
G). Usai baca doa sujud kedua, baca tasbih 10x.
Jmlh keseluruhan tasbih yg dibaca pd tiap rakaatnya sebnyk 75x.
Lafadz bacaan tasbih yg dmksd adalah sbg berikut :
Subhanallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar

artinya :
"Maha suci Allah yang Maha Esa. Segala
puji bagi Allah, Dzat yang Maha Agung"

11. Shalat Tarawih,

shalat sunnah sesudah shalat Isya, pd bln Ramadhan. Menegenai bilangan rakaatnya disebutkan dlm hadis :
"Yg dikrjkan oleh Rasulullah saw, baik pd
bln ramadhan/lainnya tdk lbh dr 11rakaat" (H.R.Bukhari).
Dari Jabir :" Sesungguhnya Nabi saw telah shalat brsm mereka 8rakaat, lalu beliau shalat witir." (H.R.Ibnu Hiban)

Niat shalat tarawih :
Ushalli sunnatan Taraawiihi rak'ataini (Imamam/makmuman) lillahi ta'aallaa
artinya :
"Aku niat shalat sunat tarawih 2rakaat (imamam/makmum) krn Allah"

12. Shalat Witir,

shalat sunnat Mu Akad (dianjurkan) yg biasanya dirangkaikan dg shalat tarawih, Blngan shalat witir 1,3,5,7 smpai 11rakaat.
[i]Dari Abu Aiyub, berkata Rasulullah:
"Witir itu hak, maka siapa yg suka mengerjakan 5, krjkanlah. Siapa yg suka mengerjakan 3, krjkanlah. Dan siapa yg suka 1, maka krjkanlah" (H.R.AbuDaud&Nasai).
Niat :
Ushalli sunnatal witri rak' atan lillahi ta'aalaa
artinya :
"Aku niat shalat sunnat witir rakaat krn Allah"

13. Shalat Hari Raya,

shalat Idul Fitri pada 1 Syawal & Idul Adha pd 10 Dzulhijah. Hukumnya sunnah Mu akad (dianjurkan).
"Sesungguhnya kami telah memberi engkau (yaa Muhammad) akan kebajikan yg byk, sebab itu shalatlah engkau&berqurbanlah krn Tuhanmu pd Idul Adha (Q.S.AlKautsar.1-2)

Dari Ibnu Umar: "Rasulullah, Abu Bakar, Umar pernah melakukan shalat pd 2hari raya sblm berkhutbah."(H.R. Jama'ah).

Niat Shalat Idul Fitri :
Ushalli sunnatal li, iidil fitri rak'ataini (imamam/makmumam) lillahi Taa'laa
artinya :
"Aku niat shalat idul fitri dua rakaat (imam/makmum) karena Allah"

Niat Shalat Idul Adha :

Ushalli sunnatal li'iidil Adha rak'ataini (imamam.makmumam) lillahita'aalaa
artinya :
"Aku niat shalat idul adha dua rakaat (imam/makmum) karena Allah"

Wkt shalat hari raya adalah stlh terbit matahari sampai condongnya matahari. Syarat, rukun&sunnatnya sama sprt shalat yg lainnya. Hanya ditambah bbrp sunnat sbg berikut :
a. Berjamaah
b. Takbir 7kali pd rakaat pertama & 5kali pd rakat ke2
c. Mengangkat tangan setinggi bahu pd tiap takbir.
d. Stlh takbir yg ke2 sampai takbir yg terakhir baca tasbih.
e. Membaca surat Qaf di rakaat pertama&surat Al Ghasiyah pada rakaat kedua.
f. Imam menyaringkan bacaannya
g. Khutbah 2kali stlh shalat sebgmn khutbah jum'at
h. Pd khutbah Idul Fitri memaparkan tentang zakat fitrah & pd Idul Adha tentang hukum-hukum Qurban.
i. Mandi, berhias, memakai pakaian sebaik-baiknya.
j. Makan terlebih dahulu pd shalat Idul Fitri, pd Shalat Idul Adha sebaliknya.


14. Shalat Khusuf,

shalat sunat sewaktu terjadi gerhana bulan/matahari. Minimal 2rakaat.
Caranya mengerjakannya :
a). Shalat 2rakaat dgn 4x ruku' yaitu pd rakaat pertama, stlh ruku'&I'tidal baca fatihah lg kemudian ruku'&I'tidal kembali stlh itu sujud sbgmn biasa. Begitu pula pd rakaat ke2.
b). Disunatkan baca surat yg panjang, sedang membacanya pada waktu gerhana bulan hrs nyaring, sedangkan pd gerhana matahari sebaliknya.
Niat shalat gerhana bulan :
Ushalli sunnatal khusuufi rak'ataini lillahita'aalaa
artinya :
"Aku niat shalat gerhana bulan 2rakaat krn Allah"

15. Shalat Istiqa',

shalat sunat yg dikerjakan untuk memohon hujan kepada Allah SWT.
Niatnya :
Ushalli sunnatal Istisqaa-i rak'ataini (imamam/makmumam) lillahita'aalaa
artinya :
"Aku niat shalat istisqaa 2rakaat (imam/makmum)
karena Allah"
Syarat-syarat mengerjakana Shalat Istisqa :

a). 3hari sblmnya agar ulama memerintahkan umatnya bertaobat dgn berpusa&meninggalkan segala kedzaliman serta menganjurkan beramal
shaleh. Sebab menumpuknya dosa itu mengakibatkan hilangnya rejeki&datangnya murka Allah.
"Apabila kami hendak membinasakan suatu negeri, maka lbh dulu kami perbanyak orang-orang yg fasik, sebab kefasikannyalah mereka disiksa, lalu kami robohkan (hancurkan) negeri mereka sehancur-hancurnya" (Q.S.Al Isra:16).
b). Pd hari ke4 semua penduduk trmsk yg lemah dianjurkan pergi kelapangan dgn pakaian sederana&tanpa wangi-wangian utk shalat Istisqa'
c). Usai shalat diadakan khutbah 2kali. Pd khutbah pertama hendaknya baca istigfar 9x dan pd khutbah kedua 7x. Pelaksanaan khutbah istisqa berbeda dgn khutbah lainnya, yaitu :
a. Khatib disunatkan memakai selendang.
b. Isi khutbah menganjurkan byk beristigfar,berkeyakinan bhw Allah SWT akan mengabulkan permintaan mereka.
c. Saat berdo'a hendaknya mengangkat tangan setinggi-tingginya.
d. Saat berdo'a pd khutbah kedua, khatib hendaknya menghadap kiblat membelakangi makmumnya.

niat shalat sesuai dengan sholat mana yang akan kita krjkan.

|
This entry was posted on 2:15 AM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

131 comments:

On August 10, 2013 at 1:03 AM , herman sudomo said...

terimakasih untuk segala petunjuknya,,smoga segala ilmu yang saya terima bisa bermanfaat,,amin

 
On August 19, 2013 at 5:53 AM , ilham said...

terimakasih untuk segala petunjuknya,,smoga segala ilmu yang saya terima bisa bermanfaat, dan orang yang mempublikasikannya di berikan kesehatan oleh ALLAH,amin

 
On September 17, 2013 at 7:18 PM , Eva Faiga said...

surat yg di baca surat apa pak ? mohon bantuannya. makasih

 
On September 25, 2013 at 9:36 AM , Anonymous said...

sholat adalah tiangnya agama

 
On September 25, 2013 at 9:56 AM , Anonymous said...

salam kangen kanggo alumni stm pui 22 cherbond angkatan 2001/2002
facebook:herman wyznoe
twitter:@herman_wyznoe

 
On September 26, 2013 at 2:22 AM , sonia elma thalia said...

terimakasih, ini sangat membantu :)

 
On September 29, 2013 at 5:03 AM , julizard said...

Assalamualaikum wr.wb.
Terimakasih atas artikel nya, semoga bermaanfaat untuk kita semua, dan kita semua senantiasa dalam lindungan ALLAH. Aamiiinn ya rob

 
On October 8, 2013 at 5:17 AM , rief cangjo said...

syukron.. ini menambah pengetahuan saya, ^^ smoga kita semua diberkahi,,,

 
On October 12, 2013 at 1:19 AM , Arya Radit said...

terima kasih ya atas informasinya.smoga banyak manfaat untuk kita semua.

 
On October 16, 2013 at 10:22 PM , Yeyet Herawati said...

Terima kasih banyak ..ini sangat bermanfaat.... smoga Allah slalu memberikan kita nikmat sehat hingga bisa terus meningkatkan ibadah kita. Amin.

 
On October 21, 2013 at 3:29 PM , kkrismaulanaaaaz said...

terimakasih banyak atas berbagi ilmu agamanya semoga allah membalas :)

 
On October 24, 2013 at 8:05 AM , hamba allah said...

Ibn Qoyyim berkata :”Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam jika hendak mengerjakan shalat,maka dia mengucapkan Allahu Akbar.dan beliau tidak mengucapkan lafaz apapun sebelum itu dan tidak pernah melafazkan niat sama sekali. Beliau juga tidak mengucapkan:

“ushali lillah shalaata kadzaa mustaqbilal qiblah arba’a raka’at imaaman aw ma’muuman (artinya :aku berniat mengerjakan shalat ini dan itu karena Allah,menghadap kiblat sebanyak 4 raka’at sebagai imam atau makmum).

Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam tidak pernah mengatakan adaa’aa atau qadhaa’an (artinya melakukannya secara tepat waktu atau qadha’). Dan tidak pernah juga menyebutkan kefardhuan waktu shalat. Semua itu adalah bid’ah yang tidak ada sumbernya dari seorangpun baik dengan sanad yang sahih,dhaif,musnad (bersambung sanadnya), ataupun mursal (ada perawi yang gugur dalam sanadnya). Bahkan tidak juga dinukil dari seorang sahabat nabi,para tabi’in dan imam 4 (mazhab)

 
On November 13, 2013 at 1:26 PM , Anonymous said...

Thanx atas informasinya....

 
On November 14, 2013 at 9:37 PM , pendosa said...

makasih buat artikel na.... saya merasa dah berbuat dosa besar... semoga Allah senantiasa mengampuni dosa2 saya...amin...

 
On December 8, 2013 at 7:20 PM , Anonymous said...

maaf...di atas telah dikatakan "Jmlh keseluruhan tasbih yg dibaca pd tiap rakaatnya sebnyk 75x" tapi kalo di hitung2 yang di atas tu jumlahnya 65x tasbih...kemana yang 10-nya lagi...?!!

 
On December 26, 2013 at 3:50 AM , angga prasetia said...

TERIMAKASIH BANYAK SANGAT MEMBANTU

 
On December 26, 2013 at 11:03 PM , sandy EnddOUt said...

Terimakasih banyak GAN,,, skarang ane jadi paham tentang sholat sunnah!!! :) :)

 
On January 3, 2014 at 4:25 AM , yanii supartini said...

terimakasih infonya..
sangat bermanfaat :)

 
On January 19, 2014 at 5:41 AM , jme sidoarjo said...

tolong dengan tulisan arab niatnya
kalau dikasih latin terus, akan menjadi penurunan untuk umat islam dalam membaca tulisan arab

 
On January 28, 2014 at 10:45 AM , Rirul Patony said...

Terima kasih banyak semoga allah membalasnya

 
On January 28, 2014 at 10:51 AM , Rirul Patony said...

Terima kasih banyak semoga allah membalasnya

 
On February 1, 2014 at 12:08 PM , ichsan jaya said...

Semoga ALLAH membalas dengan pahala dan kebaikan dunia akhirat..

 
On February 2, 2014 at 7:33 PM , Abdul Haris said...

setelah duduk mau berdiri 10 x

 
On February 6, 2014 at 2:41 AM , Anonymous said...

terima kasih banyak. sangat bermanfaat sekali. semoga Allah swt
memberikan berkah pada penulisnya, Aamin

 
On February 16, 2014 at 2:15 PM , ahmad hadi said...

terima kasih sangat membantu sekali

 
On February 19, 2014 at 6:36 AM , Alya Rahmani said...

Terima Kasih. Ilmunya sangat bermanfaat

 
On February 19, 2014 at 5:21 PM , aprilio feldi said...

Terimakash ,,subhanallah ,,smga dari tulisan ini bisa menjadi Tambahn wawasn untuk kta smw...aminn..

 
On February 21, 2014 at 3:25 AM , widia mansyur said...

اَلْحَمْدُلِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيِْ.ِ
Smga bermanfaat,انشـــــاء الله sy mau krjakan shalat tasbih,,trma ksih atas informasinya,sngat membantu,, (y)

 
On February 27, 2014 at 1:24 AM , Anonymous said...

terima kasih file ini sangat membantu

 
On March 6, 2014 at 1:47 AM , Drs. H. Suliaman, M.Si said...

Khusus penjelasan pelaksanaan sholat tasbih menurut saya ada kekurangan sedikit . disitu anda jelaskan setiap rokaat ada 75 x bacaan tasbih, tetapi yg tertulis totalnya hanya 65 x . jadi ada kekurangan 10x. Kekurangannya menurut saya dibaca pada saat bangun dari sujud sebelum berdiri duduk dulu membaca bacaan tasbih 10 x, sehingga total keseluruhan dalam satu rokaat 75 x.

 
On March 10, 2014 at 7:13 PM , catur okta rivandi said...

semoga dengan anda menulis nama-nama sholat sunnah ini amal kebaikan anda diterima di sisi Allah SWT

 
On March 24, 2014 at 7:16 PM , andri stephant said...

mau tanya untuk solat tahyatul masjid kan itu untuk menghormati mesjid tapi kalo tahyatul mesjid nya di mushola gitu gmna ??

 
On April 1, 2014 at 2:41 AM , midun michael said...

Terimakasih yg sebesar2nya artikel ini cukup bermanfaat bgi saya ......

 
On April 7, 2014 at 8:00 AM , Anonymous said...

Assalamuailaikum wr.wb
saya mau tanya. Solat sunat dari tiap-tiap sholat fardu yang ada qoblanya apa saja dan yang ada ba'danya apa saja..? :D ;)
Terimakasih.
Wassalamualaikum wr.wb
Allahuma, robbana aatina fiddunya khasanah, wafil akhiroti khasanah, wakinna adzaabannar. Amin. Qunfayakun Ya Allah SWT. :)

 
On April 25, 2014 at 4:18 AM , Dendy said...

Alhamdulillah membantu! Insyaallah bermanfaat, Amin..

 
On May 5, 2014 at 3:52 AM , Anonymous said...

terimaksih buat ilmunya semoga Allah SWT selalu memberi rahmatnya kepadamu Aamiin. :)

 
On May 8, 2014 at 3:11 PM , wisnhu wardhana said...

Barakallah.

 
On May 9, 2014 at 11:25 AM , 茹西臼 said...

Assalamualaikum
Terimakasih banyak hamba allah yg telah mempublikasikannya :) sungguh sangat bermanfaat :)

 
On May 14, 2014 at 9:01 AM , Anonymous said...

Jazaakalloh . Smg Allah akan membalas semua kebajikan ini .

 
On May 23, 2014 at 10:37 AM , Royanah said...

Terima Kasih ilmunya, InsyaAllah bertambah manfaat dan iman kita semua. Aamiin

 
On June 1, 2014 at 8:21 AM , shofighter said...

lengkap sekali penjelasannya........

 
On June 19, 2014 at 12:14 AM , Adam Achmad Hidayat said...

Terima kasih ilmunya. smoga jadi barokah atas hamba allah ini yg sudah mau meluangkan postingan yg bermanfaat ini. aminnn #SalamLegit

 
On June 19, 2014 at 8:13 PM , FioStella said...

Tidak ada Lafas niat dalam sholat apapun Bro... tidak ada 1 dalil PUN yg menjelaskan tentang itu. Macam2 sholat sunat OK MANTAP' tp Usollixa itu LHO"" skedar saling mengingatkan. terima kasih

 
On July 5, 2014 at 2:24 AM , Anonymous said...

thanks buat info'y, ak mau coba sholat sunah 2rakaat,soal'y kmrn ak gk tau niat'y.hehehe
skali lgi trima ksh.

 
On July 5, 2014 at 6:35 AM , aanx said...

maaf mau nanya kalau yang pertama katanya sholat idul adha, trus sholat gerhana bulan..???
untuk kelanjutannya sholat apalagi ya..??? (tingkatan sholat sunat)

 
On July 6, 2014 at 4:51 PM , my life said...

terimakasih bermanfaat sekali ilmunya..... semoga di berkahi ALLAH dan di mudahkan segala urusan anda :)

 
On July 7, 2014 at 2:17 AM , gustia wati said...

sangat bermanfaat,, Mudah2 Allah SWT memudahkan kita dlm beribadah.. AMIN

 
On July 15, 2014 at 8:48 AM , Anonymous said...

Alhamdulillah....terima kasih banyak buat infonya....semoga bisa bermanfaat buat kita semua....amin
NB: berbagi pahala bersama-sama

 
On July 16, 2014 at 3:42 PM , untari kurnia said...

adakah solat yg dapat memberikan petunjuk kepada kita? khasusnya seperti sholat istikharah tapi ini tdk ada pilihan tertentu hanya saja Allah lah yg memilihkan suatu jalan untuk kita supaya lebih berkah kedepannya nanti?

 
On July 25, 2014 at 1:36 AM , Hafara Firdausi said...

Syukron jiddan atas ilmunyaa, sangat bermanfaat dan membantu sekali:)

 
On July 28, 2014 at 3:52 PM , Anonymous said...

Makasih Bro atas postingan nya ane mau belajar sholat sunnah yg benar

 
On September 21, 2014 at 12:55 PM , Anonymous said...

ini maksudnya apa,tanpa niat tak apa?

 
On September 24, 2014 at 2:41 PM , yanuar's BLOG said...

Alhamdullillahirobbil'alamin sangat bermanfaat gan semoga kita semua yang telah membacanya di beri kesehatan selalu dan umur yg panjang dan di jauhkan dari dosa dan godaan syaiton. Aminnnn.

 
On October 3, 2014 at 8:30 PM , Anonymous said...

Alhamdulilah dengan membaca ini saya baru tahu bawa sesunguh alloh telah memberikan jalan terbaik pada hambanya amiin

Kunjungi web kami di
www.permataqadri.com

 
On October 12, 2014 at 4:41 PM , Les Privat said...

Terima kasih banyak atas informasinya...

 
On October 18, 2014 at 4:25 AM , desti prihatin said...

sukron.. :)

 
On October 31, 2014 at 4:24 AM , sabar ban said...

Sholatlah sbelum di solatkan

 
On October 31, 2014 at 4:26 AM , sabar ban said...

Mari kita melalsanakan aholat

 
On December 10, 2014 at 5:45 AM , Isman Purwanto said...

Mohon disertakan dalilnya pak agar lebih afdhol. Suwun

 
On December 12, 2014 at 5:00 AM , Rindu Rinda said...

Iya nich,maksudnya ini gmn,????
Brti anda kl sholat gk pernah dgn niat y:-/,??jgn" gk pnya madzab jg ini:-D

 
On March 6, 2015 at 1:10 PM , Iman Scott Kennedy Iman said...

Terimakasih banyak ini semua sangatlah membantu :)

 
On March 12, 2015 at 7:35 AM , Toko Herbal Online | Grosir Obat Herbal said...

syukron,, sangat bermanfaat

 
On March 18, 2015 at 3:58 AM , Anonymous said...

Terimakasih banyak. sangat bermanfaat :))

 
On March 18, 2015 at 10:51 AM , perry angoez said...

سُبْحَانَ اللّه..الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ...amat sangat bermanfaat untuk kita semua..terima kasih untuk infonya.. آمِيّنْ… آمِيّنْ… يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ

 
On April 13, 2015 at 5:30 AM , arjuna toti said...

Ya sya htung jg 65x

 
On April 13, 2015 at 5:32 AM , arjuna toti said...

Trima ksih sdah membgi ilmunya.smga Allah jg memberi pahala bgi pnulisnya...aminn

 
On April 13, 2015 at 5:36 AM , arjuna toti said...

Trima ksih sdah membgi ilmunya.smga Allah jg memberi pahala bgi pnulisnya...aminn

 
On April 13, 2015 at 5:36 AM , arjuna toti said...

Ya sya htung jg 65x

 
On May 7, 2015 at 11:31 PM , yusuf yandi said...

Bermanfaat gan izin sedot ia

 
On May 18, 2015 at 11:17 AM , Hairuddin Hairuddin said...

Terima kasih ya allah ...smg infrmsi yg diberikan mnjdi amalan bagi penulisx aminnn
Thanks

 
On May 27, 2015 at 11:41 PM , Iggi Astian said...

Keren, sangat bermanfaat

 
On May 28, 2015 at 3:29 AM , Wana Kasmi said...

Kasmiwana, terima kasih sekali kepada para penulis sangat bermanfaat

 
On May 28, 2015 at 3:30 AM , Wana Kasmi said...

Kasmiwana, terima kasih sekali kepada para penulis sangat bermanfaat

 
On June 3, 2015 at 8:53 PM , NuHa kece said...

terimakasih, saya jdi paham tentng shalat sunnah.

 
On June 13, 2015 at 7:27 PM , Anonymous said...

10 nya lg maksudnya ketika tahiyat akhir.

 
On June 18, 2015 at 6:11 PM , putri blitar said...

Terima kasih atas artikelnya,ini sangat membantu saya untuk belajar mengenai shalat sunnah.

 
On June 29, 2015 at 5:39 PM , Farid Akbar said...

Terima kasih bang atas postingannya,,sangat bermanfaat bagi saya dan hamba Allah lainnya yang membaca ,,semoga kita semua selalu dalam bimbingan dan perlindungan Allah SWT,,aminn

 
On June 29, 2015 at 11:21 PM , Samuel Agustin said...

sukron.. postingan nya sangat bermanfaat..

 
On July 9, 2015 at 2:48 PM , Elin Chiptasari said...

Alhamdulilah .... Berkah yah ... Selamat menunaikan ibadah puasa

 
On July 19, 2015 at 10:24 AM , Yan Tommy Mahieu said...

Thanks infonya
izin save ya

 
On July 24, 2015 at 9:31 AM , Anonymous said...

Saat duduk istirahat di waktu rakaat 1 dan 3 dan tahiyat awal dan akhir .. wallahu a'lam ..

 
On July 28, 2015 at 7:48 AM , Anonymous said...

Terimakasih sangat bermanfaat

 
On August 5, 2015 at 3:54 AM , Rizky Muhammad said...

terimakasih infonya ya saya mohon izin untuk ser ketemen" yg saya

 
On August 19, 2015 at 2:57 AM , TONI Doank said...

blog ente payah

 
On August 30, 2015 at 9:11 PM , Laras Putri said...

Nabi muhammad tidak pernah melafalkan niat / berlisan niat bener gak karna cukup dri hati aj karna itu di bilang bidah bener gak sih jdi bingung...

 
On September 10, 2015 at 9:43 PM , Ihsan Kamil said...

mantap ni. terimakasih semoga mencerahkan
visit juga www.ihsandonesian.blogspot.com

 
On September 10, 2015 at 9:44 PM , Ihsan Kamil said...

mantap ni. terimakasih semoga mencerahkan
visit juga www.ihsandonesian.blogspot.com

 
On September 18, 2015 at 12:03 AM , Anonymous said...

Kalo orang wahabi/salafi gtu tanpa niat, memang gak ada dalilnya, tapi pake niat itu untuk menguatkan sholat tersebut.

Jangan bikin perpecahan umat islam

 
On September 18, 2015 at 12:08 AM , Anonymous said...

Pake niat juga gak pa2 bro, niat itu untuk menguatkan sholat tersebut. Ente gak pake niat gak pa2, pake niat juga gak pa2 lebih menguatkan niatnya.

 
On September 18, 2015 at 12:13 AM , Anonymous said...

Itu bid'ah hasanah : sesuatu yang baru yang baik, bukan bid'ah dolalah. Orang wahabi / saafi itu nganggap semua bid'ah itu sesat( bid'ah dolalah ), sekarang banyak blog2 wahabi, hati2 cuma bikin bikin bingung umat islam

 
On September 27, 2015 at 1:35 AM , Anonymous said...

nabi muhammad saw gk pernah mengucapkan niat sebelum shalat, itu menurut pendapat Ibnu Qoyyim, bukannya saya suud'zon tapi coba search di google siapa itu Ibnu Qoyyim, dia banyak mengeluarkan fatwa2 sesat

 
On December 1, 2015 at 10:25 PM , Silvana Sinon R said...

Trimakasih banyak infonyaa��

 
On December 9, 2015 at 5:13 AM , Firstryhandini Handini said...

makasih banget yaaa... ini sangat membantu saya...semoga blog ini bisa berkembang dengan baik.

 
On December 12, 2015 at 1:00 AM , Dina S said...

sangat bermanfaat

 
On December 13, 2015 at 7:38 AM , Rochmi Aini said...

Maaf sy mau nanya klo shlt sunnah sblm shlat magrb itu di perbolehkan atau tidak....mksh

 
On December 13, 2015 at 7:39 AM , Rochmi Aini said...

Maaf sy mau nanya klo shlt sunnah sblm shlat magrb itu di perbolehkan atau tidak....mksh

 
On December 18, 2015 at 4:00 AM , Anonymous said...

Terima kasih
benar" sangat bermanfaat :)

 
On December 29, 2015 at 9:25 PM , Ahmad said...

Terima kasih sangat mabuntu..

 
On January 1, 2016 at 7:42 PM , ivan kusuma adi said...

Terima kasih

 
On January 16, 2016 at 5:54 PM , Anonymous said...

Terimakasih, dengan artikel ini saya menjadi lebih paham tentang sholat sunnah

 
On January 19, 2016 at 6:04 PM , Rafly Faisal said...

kunjungi blog saya juga ya di sholatsunnah09.blogspot.co.id
jangan lupa share ke temen-temenMu, follow akunKu, like artikelKu dan di tunggu juga komentarnya ya. salam kenal semua.

 
On January 27, 2016 at 8:31 PM , Lailatul Fitriyah said...

Artikel yang bagus.
Jangan lupa kunjungi www.refiza.com
Ada banyak souvenir cantik untuk Aqiqah, pengajian, haji, pernikahan.

 
On February 9, 2016 at 3:18 AM , Shinichi Kurniawan said...

Makasih banyak..

 
On February 11, 2016 at 7:58 PM , Wahda Annisa Nuurussyahba said...

Terimakasih semoga allah swt selalu melindungi kita semua.

 
On February 18, 2016 at 12:11 AM , EXPO CPNS BUMN said...

Terima kasih infonya bro, menambah pengetahuan saya ..

jangan lupa Mampir dan Update Info Lowongan Kerja Terbaru Anda Disini : Expo CPNS BUMN (Expo Loker : http://expocpnsbumn.blogspot.com/)

 
On February 21, 2016 at 11:52 PM , Dewi Astuti said...

assalamualaikum tanya dong,, klau sholat wudhu apa boleh dikerjakan setiap saat sebelum sholat fardhu.. terimaksih

Walaikumsalam

 
On February 22, 2016 at 11:56 PM , Fauza Hamda said...

terimakasih ilmunya

 
On March 1, 2016 at 12:10 PM , Anonymous said...

Di sujud kedua 10 x belum disebutkan. WallahuA'llam

 
On March 8, 2016 at 5:09 AM , Risma Ade said...

makasih infonya... sangat membantu saya

 
On March 17, 2016 at 1:44 AM , Munarif Baharudin said...

terimakasih infonya semoga saya bisa menunaikan ibadah shlat sunnah

 
On March 21, 2016 at 3:38 AM , Ramdhai Arief said...

sebenarnya bacaan tasyahud akhir itu wajib atau sunah ? :)

 
On March 27, 2016 at 11:10 PM , The Golden Manners Way said...

Sangat bermanfaat. Mampir ya http://goldenmanners.blogspot.co.id/2016/03/shalat-bukan-penghalang-sukses.html

 
On April 4, 2016 at 9:04 PM , Lutfi_Alfian said...

maaf sebelumnya @hamba allah.
jngan di bicarakan d media pak. cukup bwat diri sendiri saja itu sudah cukup.

 
On April 4, 2016 at 9:09 PM , Lutfi_Alfian said...

maaf sebelumnya @hamba allah.
jngan di bicarakan d media pak. cukup bwat diri sendiri saja itu sudah cukup.

 
On April 9, 2016 at 1:44 PM , kamil Hartono said...

terima kasih ..

 
On April 10, 2016 at 2:55 AM , Bayu Reksha said...

Kalau seperti sholat taubat atau sholat yg tidak di tunjukan waktunya itu,sholatnya itu waktu pukul berapa yahh?? Please jawab gan :v

 
On April 18, 2016 at 1:19 PM , ari andri said...

Semoga ni pelajaran menjadi berkah...untuk ku...untukmu dan untuk umat sekalian...amin ya rabball allamin....

 
On April 24, 2016 at 7:30 PM , Hening Ary Widhowati said...

Terimakasih atas postingannya, sangat membantu.
Kalau boleh memberi saran tolong backgroundnya jangan abu-abu gelap, yang terang biar enak kalau dibaca. Maklum faktor mata..hehehehe

 
On April 27, 2016 at 2:06 AM , Revinda_firdaus said...

B). Usai baca surat Al Fatehah, bc tasbih 15x.
C). Ruku', usai baca do'a ruku, baca tasbih 10x.
D). Itidal, usai membaca do'a 'itidal, baca tasbih 10x.
E). Sujud, usai baca doa sujud, baca tasbih 10x.
F). Usai baca do'a duduk diantara2sujud, baca tasbi 10x.
G). Usai baca doa sujud kedua, baca tasbih 10x.
F). Duduk istirohah, sesudah sujud kedua dan sebelum berdiri 10x

 
On April 29, 2016 at 3:14 PM , Yudi Haspiyanto said...

Terima kasih. Semoga artikel bermanfaat bagi kita semua. Amin

 
On May 13, 2016 at 5:08 AM , Reyhan said...

Sangat bermanfaat, semoga kita semua termasuk orang beriman dan bertaqwa di sisi Allah S.W.T.

Amin ya rob

 
On May 13, 2016 at 5:08 AM , Reyhan said...

Sangat bermanfaat, semoga kita semua termasuk orang beriman dan bertaqwa di sisi Allah S.W.T.

Amin ya rob

 
On May 19, 2016 at 6:12 AM , Eko Febri said...

Keyakinan masing2 bung
Jangan sok2 an dsni
Kita orng islam yg indonesia kalo mau ikut islam arab slahkan hdup d arab, persatuan dan kesatuan wajib d junjung...
Bisa dakwah msalah niat tp gak bsa mgerti hadis tentang silaturahmi.
Ilmu gak d hafal doank djalani dan dpahami

 
On May 25, 2016 at 2:09 PM , aan setyowibowo said...

Ini orang muhammadiyah mereka ga mengucapkan lafaz, cuma niat dlm hati

 
On May 25, 2016 at 2:10 PM , aan setyowibowo said...

Ini orang muhammadiyah mereka ga mengucapkan lafaz, cuma niat dlm hati

 
On June 7, 2016 at 2:26 PM , Anonymous said...

terima kasih atas post nya insya Allah bermanfaat :)

 
On June 12, 2016 at 2:44 AM , Numpang Promo said...

Terima kasih telah berbagi ilmu yang berguna.

 
On June 17, 2016 at 11:01 AM , eko zunus alim said...

sangat membantu.....

 
On June 17, 2016 at 11:02 AM , eko zunus alim said...

sangat membantu.....

 
On July 8, 2016 at 8:00 AM , MR. Robiatul Adawiyah Semut said...

Terima kasih , , , semoga kita semua dapat memperbaiki salat kita , dari yang wajib hingga yang sunnah , , amiiin

 
On July 8, 2016 at 8:20 AM , MR. Robiatul Adawiyah Semut said...

Terima kasih , , , semoga kita semua dapat memperbaiki salat kita , dari yang wajib hingga yang sunnah , , amiiin